Minggu, 24 Juli 2011

PERINGATAN HARKITNAS 2008

      Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS)

     

            Merujuk  pada faksimil Deplu, maka  pada setiap bulan Mei,  KJRI Penang   menyelenggarakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) dengan mengambil tempat di Gedung Olahraga Kompleks Tunku Abdul Razak (DOME KOMTAR) Pulau Pinang. Pada umumnya setiap kegiatan HARKITNAS dihadiri oleh sekitar 350 - 500 Warga Negara Indonesia (WNI) yang  terdiri dari Staf KJRI Penang (Homestaf dan Lokalstaf), Dharma Wanita Persatuan, Pelajar, Mahasiswa, para Dosen, ekspatriote, dan para pekerja Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI Penang.



Selama tiga kali menyelenggarakan HARKITNAS di DOME KOMTAR, maka yang paling istimewa adalah penyelenggaraan HARKITNAS tahun 2008 karena bertepatan dengan Peringatan HARKITNAS ke 100 tahun. Sesuai petunjuk dari Jakarta, Konsul Jenderal Republik Indonesia Penang membacakan Sambutan Presiden RI antara lain mengajak masyarakat Indonesia agar menjadikan 100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional ini sebagai momentum untuk terus membangun dan meningkatkan kualitas bangsa dengan cara memperkuat kemandirian, meningkatkan daya saing, dan membangun peradaban bangsa yang mulia.



Tema besar yang diusung dalam Peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional ini adalah “Dengan Semangat 100 Tahun Kebangkitan Nasional Kita Tingkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Menuju  Indonesia Yang Damai, Adil, Demokratis, dan Sejahtera”  dengan Slogan “Indonesia Bisa” diharapkan bangsa Indonesia dapat tetap optimis mewujudkan Masyarakat Indonesia yang damai, adil, demokratis dan sejahtera.



            Acara Peringatan Harkitnas ini berlangsung secara khidmat.



Setelah acara Peringatan HARKITNAS, KJRI Penang selalu mengadakan hiburan masyarakat dengan acara  Lomba Karake yang diikuti oleh perorangan dari pukul 12.30 s/d 17.00 petang. Lagu-lagu yang dipertandingkan antara lain lagu-lagu perjuangan (Gebyar-Gebyar, Berkibarlah Benderaku, Dari Sabang Sampai Marauke, Bangun Pemuda Pemudi, Halo-halo Bandung, Tanah Airku, Indonesia Pusaka), lagu-lagu Pop Indonesia, dan lagu-lagu dangdut sesuai pilihan peserta. Biasanya pengunjung baru datang pada waktu tengah hari setelah makan siang, karena pada pagi hari masih banyak para TKI yang masih bekerja. Jumlah pengunjung bisa mencapai  sekitar 1.000 – 1.250 orang WNI yang berada di wilayah kerja KJRI Penang.



Jumlah peserta Lomba dibatasi mengingat alokasi waktu yang tersedia. Setiap tahunnya tidak lebih dari 45 orang peserta. Pemenang Lomba Karaoke ini akan mendapat hadiah Tropy kejuaraan dari KJRI Penang untuk pemenang pria dan wanita, dan hadiah uang masing-masing sebesar RM 200.00 (Dua Ratus Ringgit Malaysia untuk Juara I), RM 150.00 (Seratus Lima Puluh Ringgit Malaysia untuk Juara II), dan RM 100.00 (Seratus Ringgit Malaysia untuk juara III), serta Kaos, Asbak, Topi, dan 1 (satu) buah VCD lagu-lagu.



Pada acara Peringatan HARKITNAS Ke-101 tahun 2009 yang bertepatan dengan penyelenggaraan PEMILU Presiden RI/Wakil Presiden RI, maka KJRI Penang bekerja sama dengan Celkom Malaysia wilayah Penang, Sriwijaya Air, dan Mandiri Sejahtera SDN BHD untuk menjadi sponsor dalam acara tersebut. Hadiah yang diberikan bagi pemenang lomba antara lain. Voucher Celkom senilai RM 300.00 untuk pemenang pertama, RM 200.00 untuk pemenang kedua, dan RM 100.00 untuk pemenang ketiga. Dari Mandiri Sejahtera SDN BHD memberikan hadiah berupa paket pengiriman barang  masing-masing sebesar RM  350.00 untuk pemenang pertama, RM 270.00 untuk pemenang kedua, dan RM 210.00 untuk pemenang ketiga. Sementara itu, Sriwijaya Air memberikan hadiah berupa tiket penerbangan Penang – MedanPenang khusus bagi pemenang dengan predikat juara umum.

           

            Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat kebangsaan, rasa persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Penang. Khususnya tingkat partisipasi pada PEMILU Presiden RI/Wakil Presiden RI 2009.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar