Rabu, 16 April 2014

Aku Anak Tukang Sapu

Dulu aku tidak tahu
Aku ini berada dimana
Aku sama sekali tidak ingat
Aku sama sekali tidak tahu
Aku ini siapa ?

Aku sama sekali tidak tahu
Siapa yang akan menjadi bapaku
Dan akupun sama sekali tidak tahu
Siapa yang akan menjadi ibuku
Semua serba tidak aku tahu
Semua serba rahasia
 
Apakah bapakku seorang jenderal
Seorang pejabat
Seorang pengusaha
Seorang pegawai negeri sipil
Seorang petani  miskin
Ataukah sampah masyarakat
Aku juga tidak tahu

Apakah ibuku seorang anak direktur
Seorang anak pamong desa
Seorang guru
Seorang tukang cuci piring
Ataukah seorang prostitusi
Akupun juga tidak tahu

Kini aku ada
Aku terlahir dari orang tua yang keduanya  anak desa
Berpendidikan rendah dan tidak mempunyai harta
Hidupku miskin dan selalu sengsara

Aku tidak pernah bahagia seperti kawan-kawanku
Yang papanya kaya dan memiliki harta

Rumahku dipinggir kali dan kalau hujan besar selalu banjir
Aku hidup dengan teman-teman anaknya tukang beca
Anaknya tukang air atau tukang jahit
Bahkan aku juga punya teman anaknya seorang pemulung
Aku tidak merasa malu hidup bersama mereka
Karena akupun anak tukang sapu
Aku benci dengan hidup miskin
Karena aku tidak pernah bisa bahagia
Seperti halnya teman-temanku
Kalau sekolah aku tidak punya tas atau sepatu
Ditempat yang baru aku merasa ada perubahan hidup
Bapak ibuku menempati rumah dinas dari Deplu
Aku merasa hidupku lebih baik dari sebelumnya
Walau sekolahkupun hanya beralaskan sandal jepit

Sekolah Tk-ku berlalu dan sekolah sd-kupun berlalu
Aku bisa lulus dari SMP tapi aku tidak bisa meneruskan ke SMA
Seperti teman-temanku dan aku mandek disini

Masa mudakupun tak pernah bahagia
Aku terbatas pada keadaanku karena bapakku hanya pegawai kecil
Ibuku berjualan gado-gado dan rujak
Sementara aku menjadi tukang bangunan
Ngaduk semen dan pasir
Aku tidak merasa malu dengan teman-temanku
Walau aku berstatus tukang ngaduk semen
Aku masih punya cita-cita untuk melanjutkan sekolah
Walaupun aku harus bersusah-susah
Dan akhirnya akupun lulus setingkat SMA
Dengan kelas KPAA
Inilah awal perjalanan karirku

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar