Kamis, 17 April 2014

Ber-Investasi Pahala

Orang bodoh suka menganggap enteng suatu kegiatan yang berhubungan dengan amal kebaikan. Padahal  semua kegiatan dan aktivitas yang baik dan memberikan manfaat bagi semua kehidupan adalah ibadah. Mendo’akan orang adalah ibadah. Memberi senyum kepada orang yang kita kenal atau belum kita kenal adalah ibadah. Membuang duri ketepi jalan agar tidak mencelakakan orang lain adalah  ibadah. Memberi tempat duduk didalam bus bagi ibu hamil, atau bagi ibu-ibu yang membawa anak kecil adalah ibadah. Menyeberangkan orang lansia atau orang tua renta yang akan keseberang jalan adalah ibadah. Apalagi kalau kita dapat menolong orang lain dari kesedihan, kesusahan, dan penderitaan, itu adalah ibadah yang terpuji, karena telah memberikan kebahagiaan kepada orang lain.

Beribadah adalah sebuah nama kegiatan yang mencakup kegiatan-kegiatan apa saja yang dicintai dan diridlai Allah, baik berupa perkataan atau perbuatan, yang dzahir maupun yang batin, dan merupakan ladang amal sebagai investasi pahala yang berguna bagi kita dimasa depan.

Dalam kehidupan kita sehari-hari sepanjang kita berbuat baik kepada tetangga, kepada orang-orang lain yang sekalipun belum kita kenal, atau kepada siapa saja asal disertai dengan ke-ikhlas-an akan menjadi investasi pahala buat kita.

Kita tidak perlu menonjol-nonjolkan diri bahwa kita telah melakukan kegiatan yang baik kepada orang lain atau kepada banyak orang. Apalagi kita sengaja membeli orang untuk menjadi corong yang menyebarkan berita kebaikan yang kita perbuat itu agar diketahui oleh banyak orang. Cukuplah mereka orang-orang yang tahu saja yang akan menjadi saksi dalam kegiatan yang kita perbuat itu untuk kemaslahatan umum yang telah kita lakukan. Sehingga dengan demikian, apa yang kita perbuat bagi kemaslatan umum itu menjadi kebahagiaan tersendiri buat kita.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar