Senin, 21 April 2014

Do’a Pengharapan di Tahun 2014


Hari esok sesuai penanggalan masehi kita akan bersama-sama meninggalkan tahun 2013, dan kita, insya Allah akan memulainya dengan tahun yang baru terhitung 1 Januari 2014.

Mulai esok lusa, kita akan bersama-sama menjalani hari-hari panjang untuk waktu selama 365 hari ke depan dengan do’a dan pengharapan yang lebih baik dari sekarang. Semoga Allah SWT masih memberi kita umur panjang, memberi kita kesempatan untuk tetap hidup didunia bersama istri/suami, anak-anak, cucu-cucu, teman-teman, sahabat dan handai tolan, bersama pacar atau tunangan, bersama orang-orang yang dikasihi, bersama rival dan saingan bisnis, serta bersama orang-orang yang tak sepaham yang tak pernah mendukung dan/atau tak sejalan dengan keinginan kita.

Semoga di tahun baru yang akan datang ini, kita semua senantiasa diberi kesehatan, diberi rezeki yang berlimpah ruah, diberi kemudahan dalam segala urusan, dan diberi kesuksesan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban.

Bagi mereka yang saat ini hidup dalam kekurangan, kesusahan dan selalu mengalami kesulitan keuangan, semoga di tahun 2014 Allah melapangkan rejekinya, sehingga mereka dapat menikmati kehidupan yang lebih baik dalam menggapai kebahagiaan. Karena dengan kebahagiaan inilah orang dapat hidup nyaman, damai, sentosa, dan sejahtera dengan tidak ada rasa susah, cemas, dan galau.

Bagi mereka yang saat ini menderita sakit jantung, stroke, diabetes, ginjal, usam urat, kolesterol, tekanan darah tinggi, wasir, ambeian, vertigo, batu empedu, flu, mual-mual, sakit perut, perut kembung, atau sedang menghadapi sakaratul maut, baik dirumah ataupun dalam perawatan dirumah sakit, semoga di tahun 2014 ini Allah cabut penyakitnya, Allah sembuhkan dan sehatkan seperti semula, sehingga mereka dapat berkumpul lagi dengan keluarga, dengan sanak familinya, dengan teman2 dan para sahabatnya.

Bagi mereka yang saat ini sedang dalam belajar, sedang dalam tugas belajar, sedang menyelesaikan tugas akhir semester, atau sedang menghadapi ujian, semoga di tahun 2014 ini Allah memberikan jalan kemudahan, sehingga mereka dapat lulus dalam menempuh ujiannya atau presentasinya dengan nilai yang cemerlang, sehingga ia kelak dapat segera mencari penghidupan buat dirinya dan keluarganya.

Bagi mereka yang saat ini belum memperoleh pekerjaan dan/atau masih mencari pekerjaan, semoga di tahun 2014 ini Allah memberikan kemudahan untuk segera mendapatkan pekerjaan, sehingga mereka memperoleh penghasilan buat menghidupi dirinya, istri, anak-anak dan keluarganya, serta dapat menata kehidupannya di masa depan.

Bagi mereka yang masih jomblo dan jablai, belum menikah dan belum mempunyai jodoh, semoga di tahun 2014 Allah memberikan kemudahan untuk mendapatkan jodohnya, pasangannya atau pilihannya, sehingga mereka dapat membentuk rumah tangga impiannya yang sakinah, mawadah, warahmah sebagaimana yang ia cita-citakan bersama.

Bagi mereka yang belum mempunyai momongan, belum mempunyai anak keturunan, semoga di tahun 2014 ini Allah memberi momongan sebagai pengikat tali jalinan kasih sayang dan kebahagiaan yang didambakan bersama.

Bagi mereka yang saat ini sudah berkeluarga tapi masih tinggal dengan orang tua atau dirumah orang tua, atau masih menumpang dirumah saudara, atau dirumah tetangga, atau masih mengontrak, semoga di tahun 2014 ini Allah memberinya kelapangan rejeki yang banyak dan melimpah, sehingga mereka ber-uang dan dapat membeli rumah untuk tempat tinggal bersama keluarganya.

Bagi mereka yang saat ini rumahnya terkena banjir atau selalu kebanjiran, yang rumahnya terbakar, yang rumahnya terkena bencana tanah longsor, yang rumahnya terkena angin puting beliung, yang rumahnya rusak tertabrak mobil metromini-bus-truk atau tronton, sehingga mereka harus tidur ditenda-tenda pengungsian, di balai-balai desa, di masjid atau disekolah-sekolah, semogalah Allah memberi kesabaran dan ketabahan hati dalam menghadapi musibah yang tidak pernah diimpikan dan terbayangkan sebelumnya.

Bagi mereka yang saat ini masih berhutang atau masih mempunyai hutang baik dibank, diteman/sahabat, ditetangga, disaudara, atau direnenir/peminjam uang, semoga di tahun 2014 ini Allah memberikan kelancaran rejeki untuk membayar hutang-hutangnya, sehingga ia terbebaskan dari himpitan hutang dan tagihan, dan/atau tidak selalu didatangi oleh para debt colector suruhan bank atau rentenir yang menjadikan hidup ini tidak tenang, tidak nyaman, tidak leluasa, dan serasa di neraka.

Bagi mereka yang belum memiliki kendaraan seperti mobil roda empat, sepeda motor, sepeda othel atau beca, semoga di tahun 2014 ini Allah memberi keleluasaan rejeki untuk dapat membeli kendaraan tersebut, sehingga apabila sakit dapat pergi kerumah sakit, apabila mau shalat ke masjid dapat pergi berkendaraan ke masjid, apabila mau berkunjung kerumah orang tua-keluarga-family atau kondangan tidak usah repot-repot mencari taksi atau menyewa ojeg.

Bagi mereka yang saat ini telah bekerja, apakah sebagai pnsp/pnsd, abri/polisi, guru, dosen, pegawai bank, bumn/bumd, satpam, kuli panggul, atau kuli bangunan yang selalu menggunakan jasa angkutan umum, kereta api, mobil bus, metromini, angkutan kota, bajaj, atau ojeg, semoga Allah senantiasa memberi keselamatan didalam perjalanannya baik dalam waktu berangkat kerja atau waktu pulang kerumahnya masing-masing.

Bagi mereka yang belum memiliki alat komunikasi seperti faksimil, telpon, hp, tablet, laptop atau pc sebagai penyambung informasi, komunikasi, dan silaturakhmi, semoga di tahun 2014 ini Allah memberi keleluasaan rejeki untuk dapat membeli alat-alat tersebut, sehingga mereka dapat mengakses arus informasi global dari internet, berkomunikasi, serta terpeliharanya jalinan silaturakhmi diantara sesama teman, sahabat dan keluarga.

Bagi mereka yang saat ini bekerja sebagai pelayan masyarakat/ public service di kantor gubernur, di kantor walikota, di kantor bupati, di kantor kecamatan, di kantor kelurahan, di rumah sakit, di bank, di KUA, di kantor pajak, dikantor pos, di kantor-kantor pelayanan imigrasi dan paspor, di pos-pos penjagaan, di bagian informasi dan humas, dan sebagainya, semoga Allah senantiasa memberi mereka hidayah agar mereka senantiasa bekerja dengan ikhlas, jujur, penuh dedikasi, mempunyai integritas, memiliki komitmen dalam tugasnya, tidak pongah atau arogansi, dan tidak melakukan korupsi atau pungli.

Bagi mereka yang saat ini bekerja sebagai guru, pendidik, pengajar, dosen, ustadz/ustadzah, penceramah, atau da’I, semoga Allah senantiasa memberi mereka hidayah agar mereka bekerja dengan sungguh-sungguh, ikhlas, jujur, tidak menjual ayat-ayat Allah, dan tidak mengkomersialisasikan ilmunya. Pekerjaan mereka yang sangat mulia dan terhormat ini kiranya dapat memberikan perubahan berpikir bagi anak-anak didiknya untuk membangun negara dan bangsa ini yang saat ini, bangsa ini sedang dilanda erosi moral, erosi kejujuran, erosi akhlaq, erosi budi pekerti, erosi tata krama, erosi kepercayaan, dan erosi etika.

Bagi mereka yang saat ini bekerja sebagai penegak hukum seperti hakim, jaksa, polisi, aparatur bepeka, aparatur bepekape, itjen di lembaga/ instansi pemerintah, itwilprop, itwilda, aparatur imigrasi, aparatur beacukai, dan pengayom hukum, semoga Allah senantiasa memberi mereka hidayah agar mereka bekerja dengan sungguh-sungguh, ikhlas, jujur, mempunyai komitmen yang tinggi, berdedikasi tinggi, penuh tanggungjawab, tidak menjual kewenangannya, tidak mudah disuap, dan menjunjung NKRI dalam memerangi oknum-oknum yang melakukan penyimpangan keuangan negara atau yang suka menggorogoti keuangan negara, sehingga negara ini tidak mampu membangun ekonomi karena ada oknum-oknum yang duduk dalam jajaran birokrasi yang sangat merugikan Negara.

Bagi mereka yang saat ini belum memperoleh kesempatan untuk menduduki jabatan struktural (eselon V, IV, III, II, atau I), jabatan fungsional (hakim, dosen, guru, widyawara, atau peneliti), atau jabatan negara di lembaga legislatif (dpr, dprd, atau dpd), atau di lembaga eksekutif (presiden/wakil presiden, menteri, gubernur dan lainnya), semoga di tahun 2014 ini Allah memberi kesempatan kepada/untuk mereka meraih jabatan-jabatan itu sesuai persyaratan dan kriterianya. Mereka memperoleh kedudukan atau jabatan tidak dilakukan dengan cara-cara yang curang dengan membeli suara dan dukungan, serta melakukan penyuapan dan pemberian upeti kepada pejabat yang berwenang.

Bagi mereka yang saat ini telah duduk dalam jabatan-jabatan strategis, pemegang otoritas keuangan, pejabat komitmen, bendaharawan proyek/pemegang uang negara, kepala proyek dan lainnya yang dengan keputusannya dapat mencairkan anggaran keuangan negara, semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka dalam menjalankan tugas-tugas yang diamanahkan kepadanya, mereka tidak khilaf dan silaf untuk merekayasa atau menggerogoti keuangan negara, atau menjadi maling/pencuri/ korupsi, sehingga mereka akhirnya disebut sebagai KORUPTOR. Padahal sebelum mereka menjabat jabatan tersebut mereka telah bersumpah atau berjanji dengan saksi kitab suci agamanya masing-masing yang ditaruh diatas kepalanya, namun setelah posisi itu dijabat mereka terbuai dan tergiur dengan anggaran keuangan negara yang dipercayakan kepadanya.

Bagi mereka para pejabat yang saat ini duduk dijajaran pemegang otoritas keputusan, atau pemangku jabatan yang strategis, atau yang keputusannya dapat mencairkan keuangan negara, semogalah Allah memberikan hidayahnya kepada mereka dalam menjalankan tugas-tugasnya secara jujur yang diamanahkan kepadanya, sehingga mereka tidak melakukan tindakan pidana korupsi yang akhirnya membawa mereka ke RUTAN atau penjara.

Bagi mereka yang saat ini duduk sebagai takmir masjid, sebagai DKM masjid atau mushala, atau yang sejenisnya, semogalah Allah memberikan hidayah kepada mereka dalam menjalankan tugas-tugasnya secara jujur yang diamanahkan jamaah kepadanya, sehingga mereka tidak melakukan tindakan pidana korupsi dengan alasan untuk pembelian perlengkapan masjid, untuk perbaikan-perbaikan atas kerusakan masjid, membayar marbot, dan membayar listrik yang digunakan masjid untuk penerangan dan kegiatan-kegiatan masjid lainnya. Sementara uang dari kotak amal dan sumbangan yang diterima secara langsung oleh pengurus dari jamaah penyumbang tidak pernah dipertanggungjawabkan secara tertulis.

Bagi mereka yang saat ini terkena musibah kematian karena kecelakaan lalu lintas, kecelakaan tabrakan kereta api, kecelakaan pesawat terbang atau kapal laut, korban kebakaran, tertembak peluru nyasar, terbunuh karena mempertahankan hak dan hartanya dari perampok, terkena bencana tanah longsor atau reruntuhan gedung, terjatuh/tergelincir dari pekerjaan memasang atap-jendela-mengapur dinding di lantai yang tinggi dan sebagainya, semoga Allah mengampuni dosa-dosa almarhum/ almarhumah, menerima amal ibadahnya, dan kepada keluarga yang terkena musibah tersebut diberi kesabaran dan ketabahan iman.

Bagi mereka yang saat ini duduk sebagai pembina, sebagai orang yang dihormati masyarakat, atau sebagai tokoh panutan masyarakat di yayasan atau di organisasi sosial, namun dalam tutur katanya, perilaku dan tatakramanya, serta sikap dan sepak terjangnya, apalagi dalam hal pengambilan keputusan untuk kegiatan dan kemajuan organisasi, ternyata sangat merugikan perkembangan organisasi, semoga Allah memberi hidayah dan mengampuni dosa-dosa yang diperbuat mereka dalam menjalankan amanah yang dipercayakan kepadanya.

Semoga di tahun 2014 nanti kehidupan kita dapat lebih baik lagi dari keadaan yang sekarang, yang hidupnya susah dan miskin dapat menjadi kaya, yang belum bekerja dapat pekerjaanya, yang belum punya rumah bisa membeli rumah, yang jomblo sudah punya pasangannya, yang punya hutang dapat melunasi hutang-hutangnya, yang ingin jabatan tergapai impiannya, yang suka memberi ceramah atau pencerahan dapat membangkitkan semangat bekerja dan meningkatkan ketaqwaan serta keimanan jamaahnya, yang sakit menjadi sehat kembali, yang menjadi pengayom masyarakat dapat menjadi pelindung masyarakat, dan dalam pergaulan masyarakat tidak ada lagi perkelahian atau tawuran antar kelompok masyarakat. Sehingga suasana kehidupan masyarakat rukun, damai, nyaman, sejahtera dan toleransi. Jumlah orang-orang yang menjadi maling, menjadi pencuri, atau menjadi KORUPTOR semakin berkurang karena tegaknya kewibawaan hukum, semakin banyaknya masyarakat yang anti korupsi mempunyai harapan dan bersandar kepada KPK, sehingga Indonesia menjadi negara yang adil, sejahtera, dan aman (Indonesia ASA) sebagaimana yang kita cita-citakan bersama.

Kampung Jurang Mangu Timur, 30 Desember 2013

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar